Jumat, 21 Oktober 2011

Apa Itu Rekening Terpisah (Segregated Account) ??

Rekening terpisah adalah rekening yang kegunaanya hanya untuk keperluan transaksi nasabah dan bukan rekening yang digunakan untuk urusan operasional perusahaannya, Dalam perdagangan berjangka, asset nasabah pada pialang praktis seluruhnya berbentuk uang. Salah satu upaya yuridis untuk memberikan perlindungan terhadap dana nasabah yang dipercayakan dan dikuasai oleh pialang adalah kewajiban menyimpan seluruh dana nasabah di rekening terpisah di bank penyimpan yang telah disetuji oleh Bappebti. Dalam mekanisme perdagangan berjangka di Indonesia saat ini, baru ada dua bank yang bertindak sebagai bank penyimpan, yaitu Bank Niaga dan Bank Central Asia. Namun jangan amin-main dengan dana nasabah yang ada dalam rekening terpisah ini. Dana nasabah ini dijamin dengan Undang Undang no 32 tahun 1997, selain denda Rp. 4 milyar, hukuman yang diberikan masuk dalam ranah tindak pidana.
Pengertian Rekening Terpisah (Segregated Account) mengandung dua karakteristik yang harus dipenuhi:
  1. Dana tersebut hanya dapat dugunakan untuk menyelesaikan kewajiban yang muncul dari transaksi nasabah
  2. Kalau perusahaan pialang bangkrut, dana dalam rekening terpisah bukan merupakan bagian aktiva pialang yang bisa diklaim oleh para kreditor.
Jiwa dari pengaturan yuridis itu sangat jelas, yaitu mencoba mengeliminasikan risiko penyalahgunaan dana nasabah oleh perusahaan pialang, dan risiko tidak bisa memperoleh kembali dananya ketika perusahaan pialang mengalami insolvensi.
Pengawasan dana di rekening terpisah
Risiko penyalahgunaan dana nasabah juga bisa terjadi sebelum dana tersebut masuk ke trekening terpisah. Karena ketidak-tahuan, ada nasabah yang menyetorkan dananya dalam bentuk tunai kepada tenaga marketing, sehingga membuka peluang penyalahgunaan dilakukan oleh tenaga marketing tanpa sepengetahuan perusahaan pialang. Ada pula nasabah yang menyetorkan dananya tidak ke rekaning terpisah tapi ke rekening lain milik pialang. Risiko tipe ini hanya bisa ditekan apabila nasabah memahami mekanisme pelaksanaan transaksi dan nomor rekening terpisah masing-masing pialang diumumkan kepada publik.
Dana nasabah di rekening terpisah, sekali lagi, adalah dana titipan. Integritas pasar hanya bisa bertumbuh apabila ada jaminan zero fail atas kalim nasabah terhadap dananya sendiri. Terlambat membayar utang, masih merupakan persolan perdata. Menyalahgunakan dana nasabah dalam rekening terpisah adalah tindak pidana, yang oleh Undang-Undang No 32 Tahun 1997 diancam hukuman penjara tiga tahun dan denda Rp 4 miliar

Carilah pialang yang terpercaya mengelola investasi Anda. Ketidak-tahuan akan rekening terpisah dan ketentuan-ketentuan di dalamnya tak terbatas pada nasabahnya saja. Ketika terjadi perselisihan dan mencapai ranah hukum, kerumitan pun timbul. Para penegak hukum tak mengetahui prinsip-prinsip dasar rekening terpisah ini. Bahkan terkadang ada tuntutan untuk membekuka rekening terpisah. Ini adalah tuntutan yang tidak masuk akal. Sebab rekening terpisah bukanlah milik perusahaan pialang. Melainkan rekening yang berisikan dana nasabah secara kolektif. Rekening ini terhubung langsung dengan proses trading, jika dibekukan apa jadinya dengan nasabah-nasabah lainnya.
Nasabah sangat mempercayakan dananya bisa diolah oleh pialangnya. Sedikit saja penyelewengan membuat nasabah berpikir ribuan kali untuk kembali mempercayakan dananya. Oleh sebab itu perlindungan pada dana nasabah yang berada di rekening terpisah terus-menerus ditingkatkan. Seperti seorang nasabah membuka rekening baru atas namanya dan memberikan kuasa mendebet dan mengkredit pada pialang.

1 komentar:

  1. Apple Watch Stainless Steel vs Titanium (iPhone) - TiGaniumSites
    Apple Watch Stainless Steel vs ford escape titanium for sale Titanium (iPhone) Review. Classic watches head titanium tennis racket do have some nice touches, including a gold watch titanium muffler that ford edge titanium 2019 offers a gold titanium daith jewelry and gold gold gold

    BalasHapus